Selasa, 03 Maret 2015

Saluran Distribusi dan Manajemen Logistik

 





MANAJEMEN PEMASARAN
BAB 12
Saluran Distribusi dan Manajemen Logistik
MAKALAH
Diajukan guna melengkapi tugas dari Matakuliah Manajemen Pemasaran
yang diberikan oleh Ibu Diah Yulisetiarini.


Oleh Kelompok 2
Nama Kelompok:
1. Zainul Abidin          (130810201004)
2. Vina Wahyu P.        (130810201009)
3. Dini Artanti             (130810201011)
4. Dhita Yuly K.         (130810201026)
5. Najib Muntaha        (130810201034)
6. Lutfi Fajar H.          (130810201035)


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS JEMBER
2014

BAB I
PENDAHULUAN
1.1      Latar belakang

Sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan yaitu memperoleh omset dan keuntungan yang  tinggi. Dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat seperti manajer, karyawan, investor serta masyarakat. Selain itu, cara menangani masalah bagaimana agar produk bisa sampai ke konsumen juga menentukan seberapa besar omset penjualan yang bisa dicapai oleh perusahaan. Hal inilah yang juga menjadi tugas dari para manajer di bagian pemasaran. Bagian atau manajer pemasaran harus memikirkan betapa pentingnya saluran distribusi apa yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Dengan adanya penyaluran yang baik, perusahaan akan mencapai keuntungan salah satunya yaitu produknya bisa sampai ke konsumen sesuai waktunya. Untuk pihak konsumen sendiri lebih mudah membeli produk yang diinginkan.
Penyaluran yang baik juga berhubungan dengan manajemen logistik. Tanpa adanya manajemen logistik, penyaluran mungkin akan kurang efisien karena logistik menangani masalah persediaan barang. Oleh karena itu saluran distribusi dan manajemen logistik perlu dibahas lebih dalam mengingat peranannya yang cukup peting di dalam sebuah perusahaan.

1.2      Rumusan Masalah
1.2.1 Apa pengertian saluran distribusi ?
1.2.2 Bagaimana fungsi saluran distribusi ?
1.2.3 Apa saja macam-macam saluran distribusi ?
1.2.4 Apa yang dimaksud manajemen logistik ?
1.2.5 Apa fungsi manajemen logistik ?


1.3      Tujuan
1.3.1 Memenuhi tugas  mata kuliah Manajemen Pemasaran.
1.3. 2 Mengetahui dan memahami mengenai saluran distribusi dan manajemen logistik. 
1.3.3  Mengetahui dan memahami fungsi saluran distribusi dan manajemen logistik.


1.4      Manfaat
1.4.1    Memberikan pemahaman kepada para pembaca mengenai saluran distribusi dan manajemen logistik.
1.4.2    Memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai pentingnya saluran distribusi dan manajemen logistik.
1.4.3    Memberikan informasi tentang fungsi saluran distribusi dan manajemen logistik.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Saluran Distribusi

Menurut Winardi (1989:299) yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah sebagai berikut :
“ Saluran distribusi merupakan suatu kelompok perantara yang berhubungan erat satu sama lain dan yang menyalurkan produk-produk kepada pembeli. “

Sedangkan Philip Kotler (1997:140) mengemukakan bahwa :
“ Saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi “.

Saluran distribusi pada dasarnya merupakan perantara yang menjembatani antara produsen dan konsumen. Perantara tersebut dapat digolongkan kedalam dua golongan, yaitu ; Pedagang perantara dan Agen perantara. Perbedaannya terletak pada aspek pemilikan serta proses negoisasi dalam pemindahan produk yang disalurkan tersebut.

Faktor yang mendorong suatu perusahaan menggunakan distributor, adalah:
1.      Para produsen atau perusahaan kecil dengan sumber keuangan terbatas tidak mampu mengembangkan organisasi penjualan langsung.
2.      Para distributor nampaknya lebih efektif dalam penjualan partai besar karena skala operasi mereka dengan pengecer dan keahlian khususnya.
3.      Para pengusaha pabrik yang cukup model lebih senang menggunakan dana mereka untuk ekspansi daripada untuk melakukan kegiatan promosi.
4.      Pengecer yang menjual banyak sering lebih senang membeli macam-macam barang dari seorang grosir daripada membeli langsung dari masing-masing pabriknya.
2.2 Fungsi Saluran Distribusi
Fungsi utama saluran distribusi adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen, maka perusahaan dalam melaksanakan dan menentukan saluran distribusi harus melakukan pertimbangan yang baik.
Adapun fungsi-fungsi saluran distribusi menurut Kotler (1997 : 531-532) adalah :
• Information, yaitu mengumpulkan informasi penting tentang konsumen dan pesaing untuk merencanakan dan membantu pertukaran.
• Promotion, yaitu pengembangan dan penyebaran komunikasi persuasif tentang produk yang ditawarkan.
• Negotiation, yaitu mencoba untuk menyepakati harga dan syarat-syarat lain, sehingga memungkinkan perpindahan hak pemilikan.
• Ordering, yaitu pihak distributor memesan barang kepada perusahaan.
• Payment, yaitu pembeli membayar tagihan kepada penjual melalui bank atau lembaga keuangan lainnya.
• Title, yaitu perpindahan kepemilikan barang dari suatu organisasi atau orang kepada organisasi / orang lain.
• Physical Possesion, yaitu mengangkut dan menyimpan barang-barang dari bahan mentah hingga barang jadi dan akhirnya sampai ke konsumen akhir.
• Financing, yaitu meminta dan memanfaatkan dana untuk biaya-biaya dalam pekerjaan saluran distribusi.
• Risk Taking, yaitu menanggung resiko sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran distribusi.
2.3 Macam-macam Saluran Distribusi
Terdapat berbagai macam saluran distribusi barang konsumsi, diantaranya :
1. Produsen – Konsumen
Bentuk saluran distribusi ini merupakan yang paling pendek dan sederhana karena tanpa menggunakan perantara. Produsen dapat menjual barang yang dihasilkannya melalui pos atau langsung mendatangi rumah konsumen (dari rumah ke rumah). Oleh karena itu saluran ini disebut saluran distribusi langsung.
2. Produsen – Pengecer – Konsumen
Produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani oleh pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.
3. Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Saluran distribusi ini banyak digunakan oleh produsen, dan dinamakan saluran distribusi tradisional. Di sini, produsen hanya melayani penjualan dalam jumlah besar kepada pedagang besar saja, tidak menjual kepada pengecer. Pembelian oleh pengecer dilayani pedagang besar, dan pembelian oleh konsumen dilayani pengecer saja.
4. Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen
Di sini, produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Ia menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada. Sasaran penjualannya terutama ditujukan kepada para pengecer besar.
5. Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen
Dalam saluran distribusi, produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil. Agen yang terlihat dalam saluran distribusi ini terutama agen penjualan. (Swastha dan Irawan, 1997, p.295-297)
2.4 Pengertian Manajemen Logistik
Serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penggunaan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
Berdasarkan uraian dari pengertian manajemen dan pengertian logistik, bahwa manajemen lebih menitik beratkan pada cara untuk mengelola barang melalui tindakan-tindakan perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Subagya (1994),” logistik adalah proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis barang, suku cadang dan barang dari para suplier, diantara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.”
Adapun manajemen logistik adalah sebagai berikut.
Manajemen adalah seni memperoleh hasil melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh orang lain, sedangkan logistik adalah bahan yang digunakan untuk kegiatan operasional. Manajemen logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dan atau seni serta proses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material/alat-alat, sehingga manajemen logistik mampu menjawab tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efisien dan efektif (Subagya, 1994).
2.5 Fungsi Manajemen Logistik
Tujuan logistik adalah menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu yang dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi dimana dibutuhkan, dan dengan total biaya yang rendah. Melalui proses logistiklah material mengalir ke kompleks manufakturing yang sangat luas dari Negara industri dan produk-produk didistribusikan melalui saluran-saluran distribusi untuk konsumsi.
Berikut ini tujuan manajemen logistik :
Tujuan umum
1.      Tujuan operasional            : Tujuan operasional agar tersedia barang / bahan dalam jumlah yang tepat dan mutu yang memadai.
2.      Tujuan keuangan               : Tujuan keuangan operasional dapat terlaksana dengan biaya yang serendah-serendahnya.
3.      Tujuan pengamanan
Tujuan khusus : Mendukung efektivitas dan efisiensi dalam setiap upaya pencapaian tujuan organisasi.

Penyelenggaraan logistik senantiasa berkaitan dengan proses yang di dalamnya akan melibatkan orang-orang/badan yang harus melakukan kegiatan/usaha secara efektif dan efisien selama jangka waktu tertentu untuk tercapainya suatu sasaran yang ditetapkan, dengan demikian maka misi ini tidak dapat direalisasikan tanpa diterapkannya fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan logistik.
Pada dasarnya fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan dalam penyelenggaraan logistik adalah fungsi-fungsi manajemen yang bersifat umum dan mutlak diperlukan pada seluruh aspek kegiatan, meliputi :
·         Perencanaan
Perencanaan logistik merupakan dasar untuk pengarahan dan pengkoordinasian dalam pembinaan sumber-sumber dan pedoman bagi setiap tindak logistik, secara umum perencanaan logistik didasarkan pada :
1.      Program pembangunan kekuatan jangka panjang (25 tahun).
2.      Program pembangunan kekuatan jangka sedang (5 tahun).
3.      Program pembangunan kekuatan 1 tahun.
4.      Penajaman prioritas sasaran yang dikonsentrasikan pada kemampuan operasional yang diharapkan.
5.      Hasil evaluasi data masukan dari satuan bawah dan fungsi-fungsi terkait yang diakomodasikan dalam evaluasi penyelenggaraan logistik.
·         Pengorganisasian
Pengorganisasian setiap kegiatan logistik pada dasarnya merupakan satu sistem atau tatanan yang harus berorientasi kepada tugas dengan program yang jelas namun kenyal. Pengorganisasian logistik dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai hal serta dengan pendekatan sebagai berikut :
1.          Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan pendekatan tugas.
2.          Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan pendekatan komoditi.
3.          Pengorganisasian yang diselenggarakan dengan rentang kendali sependek mungkin.
4.          Pengorganisasian yang diselenggarakan berdasarkan eselonisasi penanggung jawab  pengemban fungsi logistik sesuai struktur organisasi yang berlaku.
·         Pengawasan dan pengendalian
Pengawasan dan pengendalian sebagai fungsi organik pembinaan,yaitu  menyelenggarakan usaha, kegiatan dan pekerjaan untuk menjamin tercapainya tujuan secara efektif, efisien dan sesuai dengan ketentuan/peraturan yang berlaku melalui pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, pemeriksaan dan tindakan pengendalian yang diperlukan sehingga penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dapat ditekan sekecil mungkin atau minimum dapat dikurangi. Dalam penyelenggaraan pengawasan dan pengendalian  perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1)      Pengawasan dan pengendalian harus berdasarkan pada rencana yang telah ditetapkan.
2)      Pengawasan dilaksanakan melalui jalur pengawasan struktural maupun fungsional.
3)      Pengawasan dan pengendalian dilaksanakan terpusat sesuai strata demi tercapainya            kesatuan dan keterpaduan upaya.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Saluran distribusi pada dasarnya merupakan perantara yang menjembatani antara produsen dan konsumen. Ada beberapa faktor yang membuat saluran distribusi penting bagi suatu perusahaan. Fungsi utama saluran distribusi adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen, maka perusahaan dalam melaksanakan dan menentukan saluran distribusi harus melakukan pertimbangan yang baik.
Manajemen logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dan atau seni serta proses mengenai perencanaan dan penentuan kebutuhan pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan material/alat-alat, sehingga manajemen logistik mampu menjawab tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan ketersediaan bahan logistik setiap saat bila dibutuhkan dan dipergunakan secara efisien dan efektif (Subagya, 1994).
Tujuan logistik adalah menyampaikan barang jadi dan bermacam-macam material dalam jumlah yang tepat pada waktu yang dibutuhkan, dalam keadaan yang dapat dipakai, ke lokasi dimana dibutuhkan, dan dengan total biaya yang rendah. Melalui proses logistiklah material mengalir ke kompleks manufakturing yang sangat luas dari Negara industri dan produk-produk didistribusikan melalui saluran-saluran distribusi untuk konsumsi.
3.2 Saran
Sebuah perusahaan sebaiknya memperhatikan mengenai masalah saluran distribusi karena saluran distribusilah yang membantu perusahaan dalam menyalurkan produk dari produsen(perusahaan) ke konsumen. Selain itu manajemen logistik akan membantu dalam hal pengadaan atau penyediaan barang. Dengan manajemen logistik diharapkan perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan operasional dan pemasaran perusahaan.







DAFTAR PUSTAKA
adman.staf.upi.edu/2012/07/27/konsep-manajemen-logistik/
http://bellasallsa.blogspot.com/2012/06/makalah-manajemen-logistik-dan.html
http://cahayanurandini.blogspot.com/2013/05/makalah-manajemen-logistik.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar